Selasa, 25 April 2017

"Cara Menguji Setiap Roh di Dunia"

" Saat Matahari Terbit Dari Ufuk Timur,
Memancarkan Cahaya Kehidupan dan Perubahan Bagi Alam Semesta "


  Cara Menguji Setiap Roh di Dunia



Oleh :  
Putra Dari Ufuk Timur

Ada segelintir orang berusaha menggugat Yesus Kristus, mereka dengan penuh percaya diri mengatakan bahwa Yesus tidak pernah mati diatas kayu Salib, sebab Dia telah diangkat oleh Allah ke Sorga, seperti Henokh. Mereka juga mengatakan bahwa Yudas Iskaroit-lah yang telah disalib dan mati di bukit Golgota, karena Allah telah merubah wajahnya menjadi serupa dengan Yesus, supaya ia merasakan hasil dari pengkhianatannya. Menurut mereka, Imam-imam agama Yahudi beserta seluruh komplotannya, Pontius Pilatus, para serdadu Romawi, ibu Yesus Kristus dan murid-murid-Nya, serta banyak orang yang hadir di bukit Golgota telah tertipu oleh Allah.

Pada akhirnya, mereka pun menyimpulkan bahwa Allah is the best deceiver’, bahasa Indonesia berarti : Allah adalah penipu paling ulung, atau dengan kata lain mereka menyebutnya : Allah adalah pembalas tipu daya. Allah mempunyai kuasa melakukan tipu daya guna untuk membalas segala tipu daya yang telah dibuat para musuh-Nya.

Namun ketika pernyataan tersebut dinilai berkonotasi negatif dan akan menimbulkan banyak sanggahan, mereka membela diri dengan berkata : "Sesungguhnya Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki", padahal pembelaan "baru" itu justru menjadi lebih parah dari sebelumnya karena pengertiannya menjadi "Allah adalah penyesat".

Alasan dari para penggugat Kristen tersebut, diantaranya adalah :
  1. Bahwa Yesus Kristus adalah utusan atau nabi Allah, maka Allah pasti menolong, melindungi dan menyelamatkan nabi-Nya dari berbagai siksaan dan penderitaan. Yesus Kristus secara pasti akan ditolong oleh Allah, dan Allah tidak akan membiarkan-Nya merasakan penderitaan, penyaliban apalagi kematian jasmani diatas kayu Salib. Untuk mem 'back up" nabi-Nya, maka Allah "berspekulasi" untuk melakukan penipuan kepada banyak orang, sebab Ia maha kuasa. Setelah melakukan penipuan, Allah pun mengolok-olok semua orang dan membiarkan mereka terombang-ambing dalam semua penipuan yang telah dibuat-Nya. Menurut ajaran dan keyakinan para penggugat Kristen, penyesatan yang dibuat oleh Allah sangat identik dengan kisah pada saat Allah menjadikan iblis sesat, dan iblis kemudian membalasnya kepada manusia, berarti semua orang yang saat itu berada di bukit Golgota pada waktu penyaliban, telah tertipu, apakah mereka itu orang-orang jahat ataupun orang-orang yang baik hati, semuanya akan tesesat akibat pembalasan iblis. 
  2. Menurut keyakinan para penggugat Kristen, Allah adalah penipu ulung atau ahli tipu daya. Mereka menafsirkan atas perkataan Yesus ketika beberapa ahli Taurat, orang Farisi dan orang Saduki, yaitu tokoh-tokoh agama Yahudi yang datang kepada-Nya untuk meminta tanda dari Sorga. Pada saat itu Yesus Kristus tidak memberikan tanda selain tanda nabi Yunus. Para penggugat Kristen kemudian mempelajari kisah nabi Yunus, dan mereka menemukan bahwa nabi Yunus tidak mengalami kematian sejak ia ditelan oleh ikan besar, maupun saat berada didalam perut ikan sampai dimuntahkan oleh ikan tersebut, Yunus tetap hidup. Jadi, merekapun berasumsi bahwa jika Yesus Kristus memberikan jawaban terkait "tanda nabi Yunus", maka Dia tidak akan mati secara jasmani, sebab Yunus tidak-lah mati tetapi tetap hidup. Inilah tafsiran dari para penggugat Kristen.
Ilustrasi : Nabi Yunus ditelan Ikan Besar
Apakah semua pernyataan dari para penggugat Kristen itu benar ?. Apakah Yesus tidak ditangkap ditaman Getsemani, kemudian Dia tidak mengalami penyiksaan hingga kematian di atas kayu Salib di Golgota ? Apakah Yesus telah membohongi ahli-ahli Taurat, orang-orang Farisi dan orang-orang Saduki termasuk semua orang yang saat itu mendengar perkataan-Nya terkait "tanda nabi Yunus" ? Apakah Allah adalah ahli tipu daya, sehingga Allah berkuasa untuk menipu banyak orang demi menyelamatkan Yesus, nabi-Nya?, dan Apakah Yesus telah membohongi banyak orang, termasuk ibu-Nya sendiri maupun murid-murid-Nya maupun semua orang Kristen yang menyembah Dia sebagai Tuhan ?. 

Pernyataan-pernyataan yang telah dibuat para penggugat Kristen tersebut wajib untuk di "uji" kebenarannya. Orang Kristen wajib untuk menguji setiap roh yang datang, seperti tertulis dalam Alkitab Kristen berikut ini  :

" Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap rohtetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia "
(Kitab 1 Yohanes 4 : 1)

Roh Kudus telah memberikan "alat ukur" atau indikator untuk menguji setiap roh yang berbentuk ajaran, tafsiran, pendapat, pernyataan maupun "fatwa" yang telah dan akan dibuat oleh siapapun terkait firman TUHAN ALLAH. Roh kudus adalah "Aktor Intelektual" didalam penyusunan Alkitab Kristen, dan sebagai Guru, Dia telah memberikan "formula", cara dan metode yang valid dan benar untuk menguji semua roh, apakah roh itu berasal dari Allah atau bukan. Sebab, hanya Roh Kudus yang bisa menguji dan menilai hasil pekerjaan-Nya, maupun semua roh yang menentang Dia.

Untuk menguji apakah roh-roh yang datang itu berasal dari Allah atau tidak, Kristen telah memiliki alat ukur (indikator) yang telah diberikan oleh Allah Yang Maha Kuasa, yaitu seperti yang tertulis dalam kitab 1 Yohanes 4 : 2-3 :

Demikianlah kita mengenal Roh Allah :
setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusiaberasal dari Allah, 
dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. 
Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia"

Alat uji yang tertulis dalam kitab 1 Yohanes 4 : 2-3 tersebut sangat jelas, pasti dan tegas untuk menilai semua roh. Sebab roh itu tidak kelihatan, tetapi ia dapat dikenal dalam bentuk : ajaran, tafsiran, pendapat, pernyataan maupun "fatwa" termasuk hasutan-hasutan yang berasal dari pikiran manusia. Roh harus memiliki "media" untuk berkarya, dan dari "media" dan "karya" itu barulah ia bisa dikenal. 

Alat ukur (indikator) untuk menguji setiap roh didunia, adalah : 
  1. Setiap roh yang mengaku bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia pasti berasal dari Allah ;
  2. Setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, roh itu tidak berasal dari Allah.
Dua indikator inilah yang harus digunakan untuk melakukan "seleksi" tahap 1, dan menjadi awal dari proses "screening", sebab mengandung arti dan makna yang sangat prinsip dan "strategis", mengapa demikian ?.

Mari kita cermati kedua pernyataan yang menjadi indikator tersebut !

Point 1) adalah azas pertama dengan kalimat kunci "Yesus Kristus telah datang sebagai manusia". Kalimat tersebut memiliki "frase kata kunci" yaitu Yesus Kristus. Frase kata kunci "Yesus Kristus" sama dengan "TUHAN ALLAH", seperti yang tertulis dalam kitab Yesaya 12 : 2 dan 26 : 4. Frase kata " Yesus Kristus" sama juga dengan : "Tuhan Allah" yang tertulis dalam kitab Daniel 9 : 3.

Dalam Point 1) tersebut indikator pertama untuk menguji setiap roh, adalah "Setiap roh yang mengaku bahwa TUHAN ALLAH telah datang sebagai manusia pasti berasal dari Allah". Pernyataan tersebut untuk menyatakan ke-Allah-an Yesus. Jadi, azas pertama ini sebagai "saringan awal" untuk menguji setiap roh. 

Perhatikan pernyataan Point 2) ! Frase kata "Yesus Kristus" ditulis kemudian dengan "Yesus" -- menunjukkan bahwa TUHAN ALLAH telah datang sebagai manusia, dan manusia itu adalah Yesus !.

Roh Kudus telah memberikan dua indikator yang sangat jelas dan tegas bagi semua orang, yaitu :

Apabila ajaran, tafsiran, pendapat, pernyataan maupun "fatwa" termasuk hasutan-hasutan yang mengakui "TUHAN ALLAH telah menjadi manusia yang bernama Yesus", maka secara pasti roh itu berasal dari Allah. Sebaliknya, jika ada ajaran, tafsiran, pendapat, pernyataan maupun "fatwa" termasuk hasutan-hasutan yang tidak mengakui "TUHAN ALLAH telah menjadi manusia yang bernama Yesus, maka secara pasti roh itu bukan berasal dari Allah

Terkait dengan 7 (tujuh) kemuliaan Yesus TUHAN , yaitu : Allah, TUHAN Allah, ALLAH, Tuhan Allah, Tuhan ALLAH, Tuhan, TUHAN ALLAH, akan secara jelas dibahas dalam tulisan yang terpisah di dalam blog ini.

Alkitab Kristen menyatakan bahwa Roh TUHAN ada pada Kristen, yaitu : roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, dan roh pengenalan dan takut akan TUHAN. Roh yang ada di dalam orang Kristen, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. Sehingga, roh antikristus yang berada didalam semua penggugat Kristen adalah berasal dari dunia; sebab itu mereka selalu berbicara tentang hal-hal duniawi dan dunia selalu mendengarkan dan menyukai mereka. 

Kristen berasal dari Allah, jadi barangsiapa mengenal Allah, ia akan menjadi Kristen; dan barangsiapa tidak berasal dari Allah, ia tidak akan menjadi Kristen. Itulah tandanya untuk membedakan Roh kebenaran yang berdiam didalam Kristen, dan roh yang menyesatkan yang menghasut para penggugat Kristen.

Ada kasus-kasus menarik yang perlu diperhatikan pada jaman akhir seperti saat ini terkait dengan "alat uji" yang disebutkan dalam kitab 1 Yohanes 4 : 2-3

Bagaimana jika ada orang yang datang dan mengatakan bahwa : "Saya mengakui dan percaya Yesus, sebab Dia adalah seorang nabi yang hebat, penuh kuasa dan benar, dan Dia diutus oleh Allah", lalu dengan serta merta "orang-orang beragama Kristen" mengatakan bahwa roh yang berada didalam orang tersebut berasal dari Allah. 

Alkitab Kristen menyatakan bahwa : "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas". Lalu bagaimanakah cara membedakan mana nabi palsu dan mana nabi TUHAN, sedangkan dari mulut mereka juga telah keluar perkataan bahwa ia mengakui Yesus Kristus, dan percaya bahwa Yesus diutus oleh Allah..?.

Yesus Kristus telah memberikan pedoman yang sangat jelas kepada Kristen bahwa dari buahnya-lah kamu akan mengenal mereka (Matius 7:20). Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri ?. Roh Kudus akan selalu membimbing dan menuntun seorang Kristen untuk bisa menguji dan menilai setiap roh, sebab Yesus Kristus berkata : 

"Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah".

Ini berarti, bahwa proses seleksi menjadi Kristen adalah kewenangan Yesus Kristus, sebab seorang murid tidak bisa lebih dari Guru-nya..! tentu dalam hal menghakimi, sebab hanya TUHAN ALLAH adalah Hakim yang Benar dan Adil. Dalam kitab Matius 8 : 26 tertulis : Yesus Kristus berkata : "Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?" Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali. "Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku" (Yohanes 15 : 27). 


Sekiranya Kristen berasal dari dunia, tentulah dunia akan mengasihi Kristen sebagai miliknya. Tetapi karena Kristen bukan dari dunia, melainkan Yesus Kristus telah memilih Kristen dari dunia, sebab itulah dunia membenci Kristen.

Apa yang harus dilakukan oleh orang Kristen, ketika melihat semua penentang dan penggugat Yesus Kristus ?.  TUHAN ALLAH berkata dalam firman-Nya tentang apa yang harus dilakukan oleh setiap orang Kristen, yaitu :  

  1. Hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya ;
  2. Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Ibliskarena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara ;
  3. Ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu. Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilankakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera; dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat, dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah, dalam segala doa dan permohonan ;
  4. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan Berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus dan juga dirimu supaya engkau dikaruniakan perkataan yang benar, dan dengan keberanian engkau memberitakan rahasia InjilBerdoalah supaya dengan keberanian engkau menyatakannya, sebagaimana seharusnya engkau berbicara ;
  5. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudusdan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Yesus Kristus menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.
Terpujilah Yesus Kristus, TUHAN ALLAH kita...., sebab segala sesuatu adalah berasal dari Dia, oleh Dia, kepada Dia dan bagi Dia segala kemuliaan untuk selama-lamanya. Amin. 

Sumber Utama Kajian :

Alkitab KRISTEN, Terjemahan Baru (TB) Terbitan Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) Tahun 1974.


Putra Dari Ufuk Timur.-